Buah dan Sayuran Yang Baik Untuk Kesehatan Mata

Mata adalah salah satu indera penglihatan yang sangat penting perannya bagi kehidupan manusia. Kegiatan membaca, menulis, menonton dan lain sebagainya membutuhkan mata. Oleh karena itu pentingya menjaga kesehatan mata.

Menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan dua cara, pertama menjaga dan merawat mata dari luar yaitu memakai pelindung mata saat berkendara seperti helm dan kacamata agar terhindar dari debu dan kotoran yang dapat menyebabkan iritasi mata. Kedua dapat dilakukan dari dalam dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan yang baik untuk kesehatan mata.

Buah dan Sayuran

1. Wortel

Wortel adalah salah satu sayuran yang mengandung beta-karoten, dimana beta-karoten tersebut akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan mata. Wortel juga bermanfaat melepaskan radikal bebas yang ada dalam tubuh kita.

2. Tomat

Vitamin A yang dimiliki tomat sangat baik untuk kesehatan mata. Tomat dapat dikonsumsi dengan cara dimakan langsung atau di jus.

3. Bayam

Bayam mengandung banyak zeaxanthin, lutein dan vitamin C yang dapat mencegah penyakit glaukoma. Kandungan inilah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata.

4. Brokoli

Brokoli mengandung nutrisi yang sama seperti bayam yaitu lutein dan zeaxanthin. Kedua nutrisi ini fungsinya seperti ‘sunglasses’ yang berfungsi untuk melindungi mata dari pancaran sinar UV. Dengan mengkonsumsi kol terbukti dapat menurunkan resiko terkena katarak.

5. Alpukat

Buah alpukat merupakan jenis buah yang memiliki kandungan lutein paling banyak jika dibandingkan dengan buah lainnya. Fungsi Lutein yaitu mencegah degenerasi makular dan mata katarak. Selain itu buah alpukat juga berperan sebagai penyerap nutrisi penting seperti alfa dan beta-karoten yang berguna dalam membentuk vitamin A agar dapat diserap tubuh dengan baik.

6. Pepaya

Kandungan pada pepaya memiliki kemampuan yang baik untuk membantu menjaga kesehatan mata. Selain itu, pepaya juga merupakan buah yang baik untuk diet.

7. Strawberry

Dalam buah mungil ini terdapat vitamin C, B, folat, serat dan berbagai kandungan phytochemical yang dapat mencegah kanker. Vitamin C yang terdapat pada strawberry adalah salah satu nutrisi yang digunakan Age-Related Eye Disease Study , yang disponsori oleh Eye Institute, untuk memperkuat jaringan ikat dan memelihara kesehatan pembuluh darah pada mata.

8. Pisang

Pisang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga dapat mengenyangkan. Namun pisang juga berperan penting untuk kesehatan mata. Pisang kaya akan vitamin (A, B1, B2, B6, dan C). Vitamin A bermanfaat untuk kesehatan mata.

9. Jeruk

Kandungan vitamin C, serat, folat, kalsium dan kalium pada buah jeruk ini sangat baik dan bermanfaat bagi kesehatan mata. Selain itu buah jeruk juga bermanfaat untuk kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan jantung.

10. Mangga

Buah mangga mengandung vitamin yang cukup tinggi, yaitu vitamin A, B1, C, dan vitamin E. Vitamin A yang cukup bagus dalam buah ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata.

Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link aktif pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Batal